Misteri Paskah

Medan, April 2009

Dalam bulan ini kita  merayakan inti iman kita sebagai umat kristiani. Kita merayakan wafat dan kebangkitan Kristus. Itulah puncak misteri karya keselamatan Allah. Konsili Vatikan II merumuskan dengan tepat peranansentaral Misteri Paskah ini di dalam seluruh sejarah keselamatan Allah dan di dalam seluruh liturgi gereja kita.

Adapun kayra penebusan umat manusia dan permuliaan allah yang sempurna itu telah diawali dengan karya agung Allah di tengah umat perjanjian lama. Karya itu diselesaikan oleh Kristus Tuhan, terutama dengan Misteri Paskah: sengsara yang suci, kebangkitannya dari alam maut, dan kenaikannya dalam kemuliaan. Dengan misteri itu Kristus menghancurkan maut kita dengan wafat-Nya, dan membangun kembali hidup kita dengan kebangkitan-Nya. sebab dari lambung Kristus yang beradu di salib muncullah sakramen gereja yang mengagumkan (SC 5). Dengan pernyataan dari para bapa gereja ini tidak hanya mau menegaskan bahwa puncak sejarah keselamatan Allah terjadi dalam misteri Paskah Kristus, melainkan misteri Paskah menjadi pusat seluruh liturgi gereja dan iman kita. Itulah pendasaran mengapa kita memeriahkan perayaan Paskah lebih dari pada perayaan-perayaan besar lainnya, termasuk Natal.

Ditegaskan kembali oleh dokumen konsili bahwa perayaan misteri Paskah tetap jadi tema sentral di dalam acara-acara liturgi sejak adanya (umat perdana). Hal itu membuat orang kristen semakin terdorong mewartakan Injil ke mana-mana untuk memberitakan bahwa Putera Allah dengan wafat dan kebangkitan-Nya telah membebaskan kita dari kuasa maut dan setan serta mewaujudkan karya keselamatan Allah melalui korban dan sakramen-sakramen sebagai pusat seluruh hidup liturgis (Lht Kisah Rasul 2:41-47  dan SC 6).

Jadi sudah jelas bahwa misteri Paskah merupakan puncak dan inti iman dan misteri keselamatan kita. Hendaknya pemahaman ini juga menggerakkan kita untuk mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya untuk merayakan Paskah. Kemeriahan dan kabaharuan hidup sangat ditentukan oleh persiapan yang baik. Hal itu berlaku untuk kita semua termasuk bagi para petugas liturgi seluruhnya tanpa terkecuali. Selamat merayakan Pesta Paskah untuk kita sekalian.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: